Janji Allah untuk Orang yang Bersedekah
janji Allah untuk orang yang bersedekah

Janji Allah untuk Orang yang Bersedekah

Salah satu amalan yang dicintai Allah adalah sedekah. Ini adalah jenis amalan yang menggunakan harta khususnya amalan infaqnya. Tapi tahukah kamu bahwa ada janji Allah untuk orang yang bersedekah.

Setidaknya ada lima janji Allah untuk orang yang gemar untuk bersedekah. Apa saja janji tersebut? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Mendapatkan Keberkahan dari Harta

Janji Allah pertama yang akan dibahas pada artikel ini adalah mendapatkan keberkahan dari harta yang kita miliki. Bukankah berkah adalah sesuatu yang ingin diraih seorang muslim?

Percuma apabila memiliki harta yang banyak tetapi tidak ada keberkahan didalamnya.

Apa tanda-tanda harta tidak berkah? salah satunya adalah harta tersebut tidak bisa mengantarkan seseorang untuk mencapai kebaikan-kebaikan.

Janji Allah untuk orang yang gemar bersedekah adalah keberkahan sebagaimana sabda Nabi SAW,

“Harta tidak akan berkurang karena sedekah. Dan seorang hamba yang memiliki sifat pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya” (HR. Muslim, no. 2588).

Baca Juga: Perbedaan Wakaf Uang dan Wakaf Melalui Uang

Dibebaskan dari Siksa Kubur

Sungguh hal yang tidak dapat dibayangkan juga tidak ingin dirasakan tentang siksa kubur. Kita sebagai insan yang beriman tentu ingin terbebas dari siksa kubur.

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan rajin-rajin bersedekah.

Hal ini sebagaimana hadits Nabi SAW.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur”

(HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873).

Dosanya Akan Dihapus

Manusia adalah makhluk yang tidak akan pernah luput dari dosa. Mustahil rasanya bila setiap detik dari hidup kita tidak ada satupun dosa yang pernah kita lakukan.

Manusia bukanlah malaikat yang tidak memiliki nafsu sehingga tidak pernah berbuat dosa. Karena manusia adalah makhluk yang rentan mendapatkan dosa maka Allah memberikan solusinya yaitu dengan memperbanyak taubat.

Salah satu cara taubat adalah dengan beristighfar. Nah, ada cara lain juga agar kamu bisa mendapatkan penghapusan dosa yaitu dengan cara bersedekah.

Hal ini terdapat dalam hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. Tirmidzi yang disahihkan Al-Albani dalam Sahih At-Tirmidzi, 614).

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harus Wakaf dan Inilah Hikmahnya

Pahala yang Berlipat Ganda

Sungguh sesuatu yang menggembirakan apabila pahala yang kita miliki kemudian dilipatgandakan. Salah satu cara untuk melipatgandakan pahala adalah dengan sedekah.

Nah jenis sedekah yang dapat memberikan passive income berupa pahala yang tanpa batas adalah wakaf.

Sedekah dapat melipatgandakan pahala terdapat dalam firman Allah SWT,

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak” (Qs. Al Hadid: 18).

Baca Juga: Keutamaan Sedekah dalam Islam

Mendapatkan Perlindungan di Hari Akhir

Pada hakikatnya kehidupan manusia di bumi ini hanya sementara. Hidup yang abadi adalah di hari akhir. Pada saat itulah manusia akan terbagi ke dalam “dua jalur”.

Ada yang mendapatkan kenikmatan surga dan ada yang akhirnya masuk ke neraka. Tentu kita tidak ingin menjadi salah seorang yang masuk ke dalam neraka.

Oleh sebab itu kita harus melaksanakan sebuah amalan yang akan memberikan perlindungan di hari akhir. Nah, salah satu amalan tersebut adalah sedekah.

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya” (HR. Bukhari no. 1421)

Penutup

Demikian penjelasan tentang janji Allah untuk orang yang bersedekah. Semoga penjelasan ini dapat menambah semangat untuk kita beramal shalih terutama dalam sedekah.

Simak artikel seputar edukasi dan berita tentang wakaf  lainnya di blog wakaf sukses. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *