5 Alasan Kenapa Harus Wakaf dan Inilah Hikmahnya
Alasan kenapa harus wakaf

5 Alasan Kenapa Harus Wakaf dan Inilah Hikmahnya

Ibadah di dalam Islam setidaknya terbagi ke dalam tiga jenis yaitu ibadah jasad contohnya sholat, ibadah harta contohnya infaq, dan ibadah hati contohnya niat. Nah, terkait dengan ibadah harta ada ibadah harta yang powerfull yaitu ibadah wakaf dan inilah 5 alasan kenapa harus wakaf.

Mungkin kata “harus” dalam konteks ini perlu diterjemahkan sebagai urgensi dan hikmah bukan sebagai hukum. Karena bila bicara hukum maka hukum wakaf adalah sunnah bukan wajib.

Sunnah dalam pengertian istinbath hukum islam adalah dikerjakan berpahala dan apabil tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa. Tapi tentu akan merugi bila tidak dikerjakan karena ada potensi pahala yang bisa kita dapatkan apabila dikerjakan.

Kembali ke topik, inilah 5 alasan kenapa harus wakaf dan kenapa ibadah ini memiliki hikmah dan urgensi yang luar biasa.

Baca Juga: Macam-Macam dan Contoh Wakaf

Mengingatkan Bahwa Harta Kita Tidak Kekal

Perlu kamu ketahui bahwa harta yang kita miliki saat ini sesungguhnya tidak kekal. Ia tidak dibawa ke liang lahat. Masuk ke liang lahat kita hanya mengenakan pakaian serba putih yaitu kain kafan.

Kita juga hanya berkendara dengan keranda, bukan dengan motor atau mobil yang kita miliki. Tapi apakah benar-benar harta kita tidak bisa mengantarkan kita ke akhirat?

Tentu bisa dan sarananya adalah dengan berwakaf. Dengan wakaf, harta yang kita berikan akan menjadi bekal kita untuk menghadap kepada sang pencipta.

Mencegah Kesenjangan Sosial 

Menelisik pada teori ekonomi bahwa ada ukuran yang dilihat dalam memperhatikan kesenjangan khususnya dalam ekonomi yaitu gini ratio.

Ini adalah ratio yang melihat kesenjangan atau ketimpangan masyarakat. Semakin timpang kondisi ekonomi masyarakat maka kondisi tersebut semakin tidak baik.

Bahasa mudahnya, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Tentu kita tidak ingin kondisi tersebut meliputi negeri ini.

Instrumen wakaf bisa mengurangi kesenjangan sosial. Karena ini adalah kesempatan untuk orang yang memiliki harta berlebih untuk mewakafkan hartanya untuk kemaslahatan umat.

Serta orang-orang yang menerima wakaf dapat merasakan manfaat dari pemberian aset tersebut. Hal ini juga akan menciptakan distribusi harta yang berkeadilan.

Mempererat Tali Persaudaraan

Pada saat kita berwakaf  maka sesungguhnya kita sedang membangun ikatan tali persaudaraan dengan sesama kita. Mengapa demikian? karena kita membantu saudara kita yang sedang mengalami kesulitan.

Bukankah orang akan merasa senang ketika dirinya dibantu? Dan ia akan sangat menghargai orang-orang yang senantiasa membantu dirinya.

Dengan wakaf kita berkontribusi banyak untuk mereka yang kesusahan.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama Rumah Tahfidz Kepemimpinan

Amalan yang Pahalanya Tiada Putus (Passive Income)

Bila ibadah lain sifat perhitungan pahalanya adalah saat ibadah itu kita lakukan. Misal sholat di waktu maghrib maka pahalanya akan terhitung saat kita mengerjakan sholat maghrib tersebut.

Tetapi ada amalan yang meskipun kita sudah tidak melakukannya tetapi pahalanya tiada putus bahkan bisa dibilang passive incomeIncome di sini kita definisikan sebagai pahala.

Ketika kamu melaksanakan amalan ini misal kamu berwakaf bangunan atau lahan yang diperuntukkan untuk tahfidz.

Maka setiap santri yang di sana dalam rangka menghafalkan Qur’an akan mengalir pahala untuk kamu yang berkontribusi dalam bentuk wakaf atasnya.

Melatih Jiwa dan Kepekaan Sosial

Dengan mengaktifkan ibadah wakaf dalam kehidupan kita maka kita akan dilatih untuk memiliki jiwa dan kepekaan sosial. Mengapa demikian? Karena dengan wakaf kita bisa memahami keadaan di sekitar kita.

Kita bisa melihat pihak-pihak mana saja yang sebenarnya membutuhkan dan bisa kita bantu dengan kelebihan harta yang kita miliki.

Dengan melatih jiwa dan kepekaan sosial maka akan ada rasa tenang dan bahagia yang hadir di dalam diri. Bukankah membuat orang lain bahagia otomatis juga akan membuat kita bahagia?

Baca Juga: Kisah Sedekah Zaman Nabi Musa (Suami Istri yang Mendadak Kaya)

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang 5 alasan kenapa harus wakaf beserta hikmah yang terkandung di dalamnya.

Simak artikel seputar edukasi dan berita tentang wakaf  lainnya di blog wakaf sukses. 

2 Replies to “5 Alasan Kenapa Harus Wakaf dan Inilah Hikmahnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *