Sedekah Tidak Hanya Uang Karena Setiap Kebaikan adalah Sedekah
sedekah tidak hanya uang

Sedekah Tidak Hanya Uang Karena Setiap Kebaikan adalah Sedekah

Pada prinsipnya harta yang dimiliki oleh manusia bukan kepemilikan sempurna atasnya. Ia hanyalah titipan yang perlu dijaga dan dikelola dengan sebaik-baiknya. Salah satu bentuk pemanfaatan harta adalah dengan bersedekah dan sedekah tidak hanya uang.

Perkara sedekah ini Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW menegaskan tentang pentingnya sedekah. Bahkan Rasulullah SAW menyebutkan bahwa jangan sampai ada waktu yang terlewat tanpa bersedekah.

Baca Juga: Wakaf Sumber Mata Air Zubaidah binti Jafar

“Tiap-tiap jiwa keturunan Adam tanpa kecuali harus bersedekah setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya.”

Salah seorang sahabat yang merasa tidak memiliki kelebihan harta untuk disedekahkan bertanya; Bagi orang seperti kami bagaimana bisa bersedekah, wahai Rasulullah?

Nabi menjelaskan; “Sesungguhnya pintu kebajikan itu banyak. Mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil dengan khidmat dan khusu, merupakan sedekah.

Mengajak orang kepada yang baik dan melarang dari yang mungkar merupakan sedekah. Menyingkirkan batu dari jalan untuk memudahkan orang lewat, merupakan sedekah.

Menuntun orang buta menyeberang jalan, merupakan sedekah. Memberi petunjuk kepada orang yang bertanya kepadamu, merupakan sedekah.

Membantu orang-orang yang lemah dengan kekuatan dua betismu dan dua lenganmu, adalah sedekah. Bahkan senyumanmu ketika berhadapan dengan saudaramu, juga merupakan  sedekah.”

(H.R. Bukhari dan Muslim)

Selain menegaskan bahwa sedekah itu menjadi ibadah yang penting, dalam hadist ini juga menyebutkan bahwa sedekah itu maknanya bisa mencakup hal yang luas.

Kamu tidak hanya bisa sedekah dengan menggunakan harta/materi tapi juga bisa dalam bentuk yang lain karena pada prinsipnya setiap kebaikan adalah sedekah sebagaimana hadits Nabi SAW,

وَعَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: قاَلَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم  : “كُلُّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ .” أَخْرَجَهُ الْبُخارِيُّ.

Dari Jabir RA, dia berkata, Rasulullah ﷺ  bersabda, “Seluruh perbuatan baik merupakan sedekah.” 

(HR. Bukhari no. 6021).

Kata ma’ruf dalam hadits di atas adalah perbuatan baik. Ia adalah lawan dari kata munkar yaitu segala perbuatan yang buruk.

Sebelum kata ma’ruf terdapat kata kullu yang bila diterjemahkan artinya seluruh atau semua. Sehingga bila kata itu digabunkan menjadi kullu ma’ruf yaitu seluruh kebaikan tanpa batas.

Baik versi siapa? tentunya baik versi Allah SWT yang telah disyariatkan di dalam Islam.

Jadi sedekah itu tidak hanya uang ya, setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh seorang hamba itu juga tergolong sedekah. Sehingga dalam hal ini sedekah bisa bermakna luas.

Wakaf juga termasuk bagian dari sedekah loh. Kalau kamu ingin mendapatkan pahala yang tiada habisnya kamu bisa mulai dengan berwakaf.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harus Wakaf dan Inilah Hikmahnya

Demikian penjelasan tentang sedekah tidak hanya uang. Semoga penjelasan ini bisa menambah keimanan dan ketakwaan serta semangat untuk kita bisa terus bersedakah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *