Inilah 3 Keutamaan Sedekah Shubuh - Wakaf Sukses
Keutamaan Sedekah Shubuh

Inilah 3 Keutamaan Sedekah Shubuh

Salah satu amalan yang dikerjakan dengan menggunakan harta adalah sedekah dan bila kamu ingin mendapatkan lebih banyak pahala kamu bisa lakukan di waktu shubuh. Hal ini dikarenakan ada keutamaan sedekah shubuh.

Waktu shubuh sejatinya adalah waktu yang terbaik untuk melakukan amalan. Dalam sebuah hadis, usai sholat shubuh Rasulullah SAW bertanya,

“Siapakah di antara kalian yang berpuasa hari ini?”

Abu Bakar menjawab,“Saya ya Rasulullah.”

Rasul kembali bertanya,“Siapa di antara kalian yang hari ini mengantar orang yang meninggal dunia?”

Abu Bakar kembali menjawab,“Saya ya Rasulullah.”

Rasulullah SAW bertanya lagi,“Siapa di antara kalian yang hari ini bersedekah?”

Abu Bakar menjawab,“Saya.”

Rasulullah bertanya kembali,“Siapa di antara kalian yang hari ini menjenguk orang sakit?”

Abu Bakar kembali menjawab,“Saya ya Rasulullah.”

Rasulullah SAW kemudian bersabda,“Siapa yang melakukan amalan di atas dalam satu hari, maka baginya surga.”.

Dalam hadits tersebut ada fakta bahwa Abu Bakar telah melakukan sedekah di waktu shubuh. Sahabat mulia yang dijamin masuk surga tersebut bila bicara soal sedekah maka nilainya enggak main-main.

Lalu, apa saja keutamaan sedekah di waktu shubuh setidaknya ada 3 yang akan dibahas di artikel kali ini.

Didoakan Dua Malaikat

Salah satu keutamaan sedekah shubuh adalah hadirnya dua malaikat yang turut mendoakan. Betapa bahagia tentunya ketika kita mendapatkan doa dari para malaikat yang sudah pasti diijabah oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda,

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.”

(HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Karakteristik Wakaf dibandingkan Sedekah Lainnya

Didekatkan Ke Surga

Sejatinya saat seorang muslim melakukan amal shalih maka amal tersebut akan mendekatkan dia pada janji Allah yang diharapkan oleh semua muslim yaitu surga.

Termasuk ketika kamu melakukan amalan sedekah. Janji Allah itu nyata.

Rasulullah saw bersabda,

“Barangsiapa membelanjakan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.’ Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.”

(HR. Bukhari dan Muslim)

Mendapatkan Balasan Berlipat Ganda

Sejatinya siapapun orang beriman yang menginfakkan hartanya di jalan Allah tentunya Allah akan membalasnya dengan balasan yang berlipat ganda.

Sebagaimana firman Allah SWT,

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

(QS Al-Baqarah: 261)

Jadi sedekah atau berinfaq tidak sama sekali mengurangi rezeki bahkan ia dapat melipat gandakan apa yang telah kita keluarkan.

Baca Juga: Kisah Wakaf Sumur Utsman bin Affan

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang 3 keutamaan sedekah shubuh. Semoga penjelasan ini bisa menambah keimanan dan ketakwaan serta dapat mendorong kaum muslimin untuk bersedekah di waktu shubuh.

Simak artikel seputar edukasi dan berita tentang wakaf  lainnya di blog wakaf sukses. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *