5 Dampak Harta Haram bagi Kehidupan - Wakaf Sukses
dampak harta haram bagi kehidupan

5 Dampak Harta Haram bagi Kehidupan

Dampak harta haram bagi kehidupan – Sebagai seorang muslim pastinya kita ingin memberikan yang terbaik bagi kehidupan.

Terutama bila berbicara tentang harta, tentunya kita ingin memiliki harta yang jauh dari keharaman. Harta yang berkah dan bermanfaat bagi kehidupan.

Tetapi tahukah kamu bila kemudian kamu akhirnya mengkonsumsi harta haram akan ada dampaknya bagi kehidupanmu.

Dampak dari harta haram ini telah diperingatkan oleh Islam.

Inilah 5 efek dari harta haram bagi kehidupan.

Baca Juga: Sedekah Air inilah Sedekah yang Paling Utama

Dampak Harta Haram bagi Kehidupan
sumber: pexels

1. Durhaka Kepada Allah dan Akan Dibuntuti Setan

Salah satu dampak dari harta haram adalah bahwa seorang hamba bertindak durhaka kepada Allah dan akan dibuntuti setan.

Allah SWT berfirman,

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

(QS. Al-Baqarah: 168)

2. Membuat Malas Beribadah dan Beramal Shalih

Dampak berikutnya dari harta haram bagi kehidupan adalah membuat seorang muslim menjadi malas beribadah dan melakukan berbagai macam kebaikan (amal shalih).

Allah SWT berfirman,

Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang thayyib (yang baik), dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

(QS. Al-Mu’minun: 51).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menuliskan bahwa sebagai seorang muslim kita harus makan-makanan yang sehat dan juga berasal dari sumber yang halal. Karena dengan begitu kita akan bisa lebih semangat melaksanakan amal shalih.

Bila sumber makanan kita berasal dari yang haram maka kita akan kehilangan motivasi untuk melakukan berbagai amal kebaikan.

3. Disentuh Api Neraka

Tidak ada satupun umat Islam yang menginginkan masuk neraka. Membayangkannya saja sudah menyeramkan.

Tetapi bila apa yang kamu konsumsi itu berasal dari sumber yang haram maka dampaknya tubuhmu akan tersentuh oleh api neraka.

Nabi SAW bersabda pada Ka’ab, “Wahai Ka’ab bin ‘Ujroh, sesungguhnya daging badan yang tumbuh berkembang dari sesuatu yang haram akan berhak dibakar dalam api neraka.” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga: Apa itu Wakaf Saham?

4. Doa Sulit Dikabulkan

Setiap manusia pasti memiliki keinginan dalam hidupnya. Sarana agar kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan adalah dengan berdoa (tentunya setelah memaksimalkan ikhtiar).

Tetapi bagaimana bila kemudian ada harta haram dalam diri kita? Nah, dampaknya adalah doa yang kita panjatkan akan sulit untuk dikabulkan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (thayyib), tidak menerima kecuali yang baik (thayyib). Dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kaum mukminin seperti apa yang diperintahkan kepada para Rasul. Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal shalih.’ (QS. Al-Mu’minun: 51). Dan Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu.’ (QS. Al-Baqarah: 172). Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan seseorang yang lama bepergian; rambutnya kusut, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit, lantas berkata, ‘Wahai Rabbku, wahai Rabbku.’ Padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan ia dikenyangkan dari yang haram, bagaimana mungkin doanya bisa terkabul.”

(HR. Muslim, no. 1015)

5. Menyebabkan Banyak Musibah dan Bencana

Dampak harta haram bagi kehidupan yang kelima sekaligus yang terakhir dalam pembahasan di artikel ini adalah dapat menyebabkan banyak musibah serta bencana.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Apabila telah marak perzinaan dan praktek ribawi di suatu negeri, maka sungguh penduduk negeri tersebut telah menghalalkan diri mereka untuk diadzab oleh Allah.

(HR. Al-Hakim. Beliau mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Imam Adz-Dzahabi mengatakan, hadits ini shahih. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan lighairi sebagaimana disebut dalam Shahih At-Targhib wa Tarhib, no. 1859).

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang dampak harta haram bagi kehidupan. Tentunya langkah yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari harta haram adalah dengan bertaubat yang sungguh-sungguh.

Kemudian harta-harta haram/non halal yang kamu miliki bisa kamu sumbangkan untuk kepentingan umat.

Simak artikel seputar edukasi dan berita tentang wakaf  lainnya di blog wakaf sukses. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *