Sedekah Air inilah Sedekah yang Paling Utama
sedekah air

Sedekah Air inilah Sedekah yang Paling Utama

Sedekah Air inilah Pahala yang Luar Biasa – Air minum adalah kebutuhan seluruh umat manusia. Bahkan dalam sebuah penelitian tubuh hanya bisa bertahan tanpa minum selama delapan hari.

Bahkan apabila orang tersebut disinyalir dalam kondisi yang lemah maka kurang dari delapan hari ia sudah tidak dapat bertahan.

Sayangnya karena berbagai faktor masih banyak masyarakat yang kekurangan air bersih. Di beberapa wilayah di dunia masih didapati masyarakatnya yang sulit mengakses air bersih.

Di Indonesia sendiri dilansir dari detik.com dan republika beberapa daerah di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan di Bojonegoro didapati sulit untuk mendapatkan air bersih alias krisis air.

Maka salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu mereka adalah dengan memberikan sedekah air. Ini yang seringkali tidak disadari oleh masyarakat.

Umumnya masyarakat hanya mengetahui sedekah dalam bentuk uang, nyatanya sedekah juga bisa dalam bentuk air. Bahkan ini ada keutamaannya sendiri.

Baca Juga: Wakaf Produktif (Pengertian, Dalil, dan Contoh)

sedekah air
sumber: pixabay

Keutamaan Sedekah Air

Bila kita simak dalam hadits Rasulullah SAW terdapat keutamaan dalam jenis sedekah yang satu ini. Hadits dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiallahu’anhu, ia berkata:

“Sa’ad bertanya: “Sedekah apa yang paling utama, wahai Rasulullah?”. Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam menjawab: “Sedekah berupa air minum”

(HR. An Nasa’i no.3666, dihasankan Al Albani dalam Shahih An Nasa’i).

Kemudian dari kisah yang juga viral disampaikan oleh banyak ustadz-ustadz di setiap ceramahnya yaitu tentang pezina yang masuk surga karena memberi minum seekor anjing.

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwa Rasullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda,

“Seorang wanita pezina diampuni oleh Allah. Dia melewati seekor anjing yang menjulurkan lidahnya di sisi sebuah sumur. Anjing ini hampir saja mati kehausan. Si wanita pelacur tersebut lalu melepas sepatunya, dan dengan penutup kepalanya. Lalu dia mengambilkan air untuk anjing tersebut. Dengan sebab perbuatannya ini, dia mendapatkan ampunan dari Allah” (HR. Al Bukhari no.3321, Muslim no.2245).

Sungguh luar biasa keutamaan dari sedekah ini. Kamu pun juga bisa ikut serta dalam melakukan aktivitas sedekah ini salah satunya dengan ikut dalam program wakaf sumur

Baca Juga: Apa itu Wakaf Saham

Program Wakaf Sumur

Ini merupakan program yang diinisiasi oleh salah satu lembaga pengelola wakaf yang telah terdaftar resmi di Badan Wakaf Indonesia yaitu Wakaf Sukses.

Program ini ditujukkan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat sekitar agar bisa mendapatkan akses air bersih untuk kebutuhan sehari hari baik untuk minum, mandi, ataupun mencuci.

Bila kamu ingin ikut serta dalam program ini kamu bisa langsung berwakaf di link berikut:

Aksi Wakaf Sumur 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang sedekah air dan keutamaannya. Semoga penjelasan ini dapat menambah semangatmu untuk bisa beramal kebaikan salah satunya dengan berwakaf air.

Simak artikel seputar edukasi dan berita tentang wakaf  lainnya di blog wakaf sukses. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *