Kisah Sedekah Ali bin Abi Thalib: 1 Buah Delima diganti 10 Kali Lipat
kisah sedekah Ali bin Abi Thalib

Kisah Sedekah Ali bin Abi Thalib: 1 Buah Delima diganti 10 Kali Lipat

Kisah Sedekah Ali bin Abi Thalib – Ada satu kisah sedekah yang sangat menginspirasi datang dari salah satu sahabat mulia sekaligus menantu nabi yaitu Ali bin Abi Thalib.

Khalifah keempat setelah Utsman bin Affan tersebut pada saat itu mendapati istrinya Fatimah binti Muhammad sedang sakit karena mengidam.

Fatimah menginginkan Buah Delima. Ali bin Abi Thalib dikarenakan tidak memiliki uang maka beliau terpaksa meminjam uang kepada sahabatnya.

Setelah mendapatkan uang, Ali bin Abi Thalib berangkat ke pasar dan membeli buah delima tersebut. Setelah mendapatkan buahnya, Ali bergegas pulang ke rumah bertemu istri tercinta.

Baca Juga: Penyerahan Wakaf Laptop untuk Guru

Di tengah perjalanan, Ali bertemu dengan seorang pengemis yang ia merintih kelaparan. Pengemis tersebut belum makan selama beberapa hari.

Melihat kondisi tersebut, Ali akhirnya memutuskan untuk membelah buah delima tersebut. Sebagian untuk pengemis dan sebagian lagi untuk Fatimah istrinya.

Pada saat Fatimah melihat bahwa delima tersebut sudah dibelah Fatimah tidak kecewa karena tahu bahwa suaminya sangat bijak.

Fatimah kemudian mengajukan pertanyaan, “Kenapa engkau terlihat murung?”. Fatimah melihat Ali dalam keadaan wajah yang murung.

Ali kemudian menjelaskan semua kejadiannya termasuk pengemis yang ia temui.

Sebagai wanita shalihah, sangat bijak jawaban dari putri Rasulullah SAW tersebut.

“Sayang, kalau begitu alangkah lebih baik lagi kalau buah delima itu diberikan saja kepada bapak tua itu lagi! Karena atas ijin Allah SWT, sesaat setelah kamu pergi tadi tubuhku kembali sehat dan segar bugar seperti biasanya.” Kata Fatimah kepada Ali.

Mendengar penjelasan istrinya, Ali pun berubah raut wajahnya menjadi berbinar. Ia langsung menghantarkan sebagian buah delimanya tersebut kepada si pengemis yang adalah bapak tua.

Belum sempat berangkat ke tempat bapak tua tersebut, tiba-tiba sahabat Nabi yaitu Salman Al Farisi datang membawakan buah delima.

Ia membawakan buah delima tersebut karena diperintahkan oleh Rasulullah SAW. “Wahai Ali, ini ada sedikit buah untuk keluarga kalian,” ujar Salman sambil memberikan buah delima yang la bawa.

Luar biasa, sedekah yang diberikan Ali bin Abi Thalib kepada bapak tua tersebut langsung dibalas oleh Allah SWT dengan jumlah 10 kali lipat.

Ali mengucap syukur penuh haru atas kekuasaan Allah SWT.

Demikianlah sedekah Ali bin Abi Thalib Radiyallahuanhu. Semoga kisah ini bisa menambah inspirasi kita untuk gemar bersedekah dan berbagi dengan orang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *