Kisah Rasulullah Sedekah Baju yang Membawa Keajaiban Tuan yang Buta
Kisah Rasulullah Sedekah Baju

Kisah Rasulullah Sedekah Baju yang Membawa Keajaiban Tuan yang Buta

Rasulullah SAW adalah sosok tauladan dengan berbagai kisah inspiratif dan tentunya wajib kita teladani. Ada salah satu kisah yang dapat kita teladani berkaitan dengan sedekah yaitu kisah Rasulullah sedekah baju.

Mari kita simak kisahnya lebih lanjut melalui artikel ini.

Dijelaskan dalam sebuah riwayat, suatu hari ada sosok pengemis yang mengetuk pintu rumah Nabi Muhammad SAW. Pengemis itu ingin meminta sedekah kepada Rasulullah SAW.

Ia berkata,”Saya pengemis ingin meminta sedekah dari Rasulullah.” Ucapannya tersebut dijawab oleh Rasulullah SAW. Beliau meminta Aisyah untuk menyedekahkan bajunya kepada pengemis tersebut.

Baca Juga: Kisah Sedekah dengan Ladang

Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Aisyah berikan baju itu kepada pengemis itu”. Aisyah dengan cepat tanggap melaksanakan perintah Nabi.

Pengemis itupun menerima baju dari Nabi dengan riang gembira. Bergegas pengemis tersebut menuju ke pasar lalu berseru di tengah keramaian pasar.

Ia mengatakan, “Siapa yang mau membeli baju Rasulullah?”. Mendengar seruan tersebut, masyarakat di sana cepat berkumpul dan mereka ingin membelinya.

Diantara masyarakat tersebut terdapat orang kaya yang buta dan ingin membeli baju tersebut. Orang tersebut memerintahkan budaknya untuk membelinya.

Orang kaya tersebut tidak memperdulikan berapapun harganya yang penting baju tersebut bisa dia dapatkan. Bahkan ia berkata kepada budaknya, “Jika kamu berhasil mendapatkannya, maka kamu merdeka”.

Alhasil budak tersebut berhasil mendapatkan baju tersebut. Baju tersebut diserahkan kepada tuannya yang buta. Betapa senang dan bahagia tuannya tersebut mendapatkan baju Rasulullah SAW.

Baca Juga: Kisah Sedekah Zaman Nabi Musa (Pasangan yang Mendadak Kaya)

Sembari memegang baju beliau mengucap doa,

“Yaa Rabb dengan hak Rasulullah dan berkat baju yg suci ini, kembalikanlah pandanganku”.

Sebuah keajaibanpun terjadi, atas izin Allah penglihatannya kembali.

Esok harinya tuan tersebut bertemu Rasulullah SAW menyampaikan kebahagiaannya yang telah bisa melihat kembali. Ia berkata kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, pandanganku sudah kembali dan aku kembalikan baju anda sebagai hadiah dariku”

Baca Juga: Kisah Saad bin Abi Waqash (Rasa Cinta Pada Ibunda)

Sebelumnya ia menceritakan tentang bagaimana ia bisa mendapatkan baju tersebut. Mendengar cerita itu, Rasulullah SAW tertawa bahkan sampai tampak gigi gerahamnya. Jarang melihat Rasulullah tertawa demikian.

Lalu, Rasulullah SAW bersabda kepada istrinya Aisyah,  “Perhatikanlah baju itu wahai Aisyah, dengan izin dan berkah-Nya, ia telah mengkayakan orang yang miskin, menyembuhkan yang buta, memerdekakan budak dan kembali lagi kepada kita”.

Demikianlah kisah Rasulullah sedekah baju yang menghadirkan kebahagiaan pada sosok tuan yang buta yang akhirnya atas izin Allah dapat melihat kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *