Inilah Dampak Positif Wakaf Saham yang Luar Biasa
dampak positif wakaf saham

Inilah Dampak Positif Wakaf Saham yang Luar Biasa

Wakaf saham adalah salah satu jenis wakaf yang populer saat ini, dapat dikatakan ini adalah jenis wakaf kontemporer. Bila dikategorikan maka ini adalah salah satu jenis wakaf produktif. Dampak positif wakaf saham luar biasa besar khususnya dalam hal ekonomi.

Mekanisme wakaf saham sedikitnya ada dua yaitu masuk ke dalam komposisi saham atau mengambil langsung sekian persen dari pemilik saham.

Yang umum digunakan adalah mengambil persentase dari pemilik saham. Sistem ini lebih banyak dipilih karena kemudahannya. Bila memilih mekanisme dengan cara masuk ke dalam komposisi saham perusahaan maka akan merepotkan.

Baca Juga: Kisah Dewa Eka Prayoga, Pengusaha yang Suka Wakafin Perusahaannya

Kok bisa? Yap karena lembaga pengelola wakaf/nazhir masuk ke dalam komposisi wakaf maka akan ada perubahan struktur dan akte ke notaris.

Selain menambah biaya tambahan, perubahan perubahan struktur saham juga rawan menimbulkan konflik. Oleh sebab itu yang memungkinkan dilakukan adalah mengambil langsung persentase dari pemilik usaha.

Lalu, dapat keuntungan wakafnya dari mana? Jawabannya adalah dari dividen.

Baca Juga: Hukum Sedekah Online, Apakah Boleh dalam Islam? 

Agar lebih mudah dipahami, pada artikel ini akan dicoba untuk disimulasikan.

Misal si A memiliki perusahaan di bidang jasa manajemen. Lalu, karena melihat potensi besar dari wakaf maka beliau mewakafkan sahamnya 10%.

Bila terjadi kesepakatan dalam bentuk ikrar wakaf maka setiap dividen yang diperoleh dari perusahaan tersebut, sebesar 10%  dikelola oleh nazhir. Bila keuntungan perusahaan mencapai Rp1 miliar maka uang yang akan dikelola nazhir sebagai bagian dari wakaf adalah Rp 100 juta.

Angka yang lumayan kan? Rp100 juta dapat langsung dimanfaatkan oleh mauquf alaih (penerima manfaat wakaf). Bisa dalam bentuk uang tunai langsung ataupun dikonversi menjadi barang ataupun program lainnya yang mampu meningkatkan produktivitas peerima manfaat wakaf.

Semoga penjelasan tentang dampak positif wakaf saham ini bisa menambah semangat untuk terus menambah amal kebaikan. Meskipun tidak dengan wakaf saham tetapi bisa dengan cara lainnya seperti infaq dan sedekah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *