Pengaruh Wakaf pada Peradaban Dunia
Pengaruh Wakaf pada Peradaban Dunia

Pengaruh Wakaf pada Peradaban Dunia

Pengaruh Wakaf pada Peradaban Dunia – Instrumen keuangan sosial Islam selain zakat dan infaq terdapat satu lagi yang memiliki power yang luar biasa.

Instrumen tersebut bernama wakaf. Bahkan disebutkan dalam catatan sejarah wakaf menyumbang peran yang luar biasa dalam peradaban dunia.

Dilansir dari ACT News, Hal ini disinggung oleh Komisaris Global Wakaf Corporation, Imam Teguh Saptono dalam sebuah acara bertajuk, “Waqf Business Forum 2020Bring Your Assets to Jannah” yang diselenggarakan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dalam forum tersebut Imam Teguh Saptono atau akrab disapa Imam menjelaskan bahwa tercatat dalam sejarah di zaman kekuasaan Kesultanan Turki Utsmaniyyah 70% lahan pertaniannya berasal dari wakaf.

“Jadi wakaf apabila dikelola dengan baik, bisa menjadi pilar peradaban umat. Izzah umat menjadi kuat. Pengiriman tantara, pengiriman pangan, semua dilakukan karena wakaf,” ucap Imam dalam forum tersebut.

Sumbangan yang luar biasa dalam peradaban dan mampu membangkitkan perekonomian di masa tersebut. Selain Imam, terdapat juga Dr. Haikal Hassan atau akrab dipanggil Babeh Haikal.

Lebih jauh lagi, Babeh Haikal menyebutkan wakaf sumur Utsman bin Affan. Utsman pada saat itu membeli sebuah sumur  dari orang Yahudi.

Kemudin hasilnya diwakafkan untuk umat. Menariknya, aset dari sumur tersebut bahkan bisa berkembang menjadi hotel bintang 5 dan kebun kurma.

Inilah salah satu bentuk wakaf produktif yang diharapkan dapat juga menopang perekonomian di Indonesia.

“Saya kepingin sekali ada orang yang bikin wakaf kapal tanker. Jadi nanti ikan-ikannya itu semua untuk kemaslahatan umat.

Jadi wakaf yang seperti ini, yang produktif. Jadi bisa digunakan seluruhnya. Beras (dari Lumbung Beras Wakaf) hanyalah salah satu yang ACT bisa lakukan.

Dekat dengan masyarakat, dan tidak kufur arah bahwa kita negara agraris,” Ucap Babe Haikal dalam forum tersebut.

Imam menambahkan bahwa memang ada dua model wakaf yaitu wakaf sosial dan wakaf produktif. Wakaf sosial adalah wakaf yang lebih populer di kalangan masyarakat yang bentuknya masjid dan kuburan.

Kemudian ada juga wakaf produktif, ini yang jarang diketahui bentuknya ada lahan pertanian dan sumur yang dapat mendukung produksi di masyarakat.

Demikianlah bincang-bincang terkait dengan pengaruh wakaf pada peradaban dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *