masjid al jabbar

Mengenal Masjid Al Jabbar, Masjid Mewah dengan Gaya nya yang Unik

Facebook
LinkedIn
Twitter
Telegram
WhatsApp

Belakangan ini viral berita tentang masjid mewah yang berada di daerah Jawa Barat. Masjid ini merupakan Masjid Al Jabbar yang dirancang langsung oleh arsitek sekaligus gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil.

Masjid  yang berlokasi di wilayah Gedebage, Bandung, Jawa Barat ini mulai dibangun pada tahun 2017 akhirnya diresmikan setelah proses lima tahun pembangunan yaitu pada akhir tahun 2022 tepatnya pada tanggal 31 Desember 2022.

Tidak hanya mewah saja, masjid ini memiliki gaya yang unik yaitu terletak diantara danau sehingga terlihat seperti mengapung. Masjid yang mempunyai luas  25.997 hektar ini juga memiliki museum di dalamnya.

Baca Juga: Keutamaan Masjid dalam Islam

Masjid ini memiliki konsep yang sangat unik. Nama yang diambil berasal dari rumus matematika yang identik dengan rumus aljabar, serta nama ilmuan matematika dunia juga yang bernama Aljabar. Terlihat dari model yang rumit tapi tetap mempunyai nilai keindahan dan kemewahan.

Nama yang diambil untuk masjid ini juga mempunyai filosofi tersendiri, “Al Jabbar”  merupakan salah satu nama asmaul husna yang artinya agung. Selain itu namanya juga sesuai dengan konsep awal yang terinspirasi dari rumus matematika, dan merupakan singkatan dari provinsi itu sendiri, yaitu Jawa Barat. Masjid Al jabbar juga memiliki 27 pintu yang menggambarkan  kabupaten/kota yang ada di jawa barat yang berjumlah 27, dilengkapi dengan motif batik yang berasal dari masing – masing wilayah di kota/kabupaten yang ada di Jawa Barat. 

Baca Juga: Perbedaan Wakaf dan Hibah

Selain  kemewahan yang dimiliki Masjid Al Jabbar, masjid ini juga dikenal karena besarnya dana yang dianggarkan untuk mengisi konten masjid, dana tersebut yaitu senilai 15M. Menurut Gubernur Jawa Barat ini konten yang dimaksud adalah konten untuk mengisi museum digital yang ada di lantai dasar masjid tersebut, bukan konten media sosial seperti yang banyak di perbincangkan.

Diharapkan dengan adanya Masjid Raya Al Jabbar ini masyarakat bisa menggunakan untuk sarana beribadah dan edukasi serta menjadi daya tarik tersendiri untuk wilayah Jawa Barat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *