Peran Mahasiswa Dalam Kehidupan Bernegara

Facebook
LinkedIn
Twitter
Telegram
WhatsApp

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, mahasiswa memiliki makna orang yang belajar di perguruan tinggi. Mahasiswa adalah maha dari yang namanya siswa sehingga sebagai seorang yang sedang menekuni atau berada pada posisi ini, mengharuskannya untuk sadar dalam melakukan perannya.

Mengenal pengertian dari mahasiswa mengajak kita untuk mengeluarkan potensi yang lebih lagi agar tidak hanya menjadi mahasiswa yang lulus layaknya siswa sebagaimana tingkat kita sebelumnya. Mahasiswa yang seharusnya bukan mereka yang datang lalu pergi dan mendapatkan nilai. Seorang mahasiswa tak ubahnya mereka yang melakukan suatu visi misi untuk bangsa dan negara bahkan agama.

Mengapa mahasiswa dituntut memiliki visi dan misi tidak selayaknya anak tingkatan SMA bahkan SD? Jawabannya yaitu karena seorang mahasiswa merupakan langkah awal dalam memimpin sebuah bangsa.  Ketika seorang mahasiswa belum memiliki visi dan misi tersebut, akan mundurlah suatu negara karena tidak adanya pergerakan dalam perubahan.

yuk wakaf | wakafsukses.or.id

I.R Soekarno mengatakan “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Memperjuangkan nama baik sebuah bangsa serta menjaga keutuhan suatu bangsa merupakan cita-cita rakyat Indonesia sebagaimana yang sudah tertuang dalam pembukaan undang-undang.

Oleh karena itu, agar menjadi seorang pemuda yang diharapkan bisa mendedikasikan dirinya secara penuh untuk membangun sebuah bangsa, mestinya ada rasa tanggung jawab serta memahami pengertian dari pemuda itu sendiri.

Mahasiswa bukan saja mereka yang datang lalu pergi, tetapi mahasiswa adalah mereka yang benar-benar mengimplementasikan nilai-nilai yang diajarkan di universitas tempat ia menuntut ilmu. Semoga tulisan ini bisa menjadi perubahan seorang mahasiswa yang awalnya tidak tau tujuan dia sebenarnya menjadi mahasiswa yang berguna bagi umat dan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *