Launching Wakafin: Platform Penghubung Wakif dan Nazhir

Launching Wakafin: Platform Penghubung Wakif dan Nazhir

Depok (Minggu, 17/04/2022)  – Telah berlangsung launching sebuah platform yang ditujukan untuk pengembangan wakaf di Indonesia. Platform tersebut bernama Wakafin.

Platform ini merupakan intermediary atau penghubung antara orang-orang yang ingin berwakaf dan para Nazhir (pihak yang mengelola wakaf). Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Studio Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, Jalan Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517.

Tajuk dari acara launching tersebut, “Peran Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Wakaf”. Acara berlangsung hybrid yaitu offline dan online. Adapun peserta online tergabung ke dalam platform zoom dan melalui channel youtube Wakaf Sukses.

Acara dihadiri oleh Dr. Irfan Syauqi Beik selaku Komisaris Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang membuka acara dengan memberikan keynote speech. Kemudian dilanjut dengan pemaparan tentang platform Wakafin oleh Ir. Abdul Aziz Muhtadi selaku CEO PT. Wakaf Produktif Indonesia sekaligus Direktur Wakaf Sukses (salah satu nazhir wakaf di Depok).

Bapak Aziz menyampaikan tentang apa itu wakafin, beliau memaparkan bahwa setidaknya ada 3 karakteristik platform wakafin, diantaranya:

  1. Platform Digital Wakaf,
  2. Digital Marketing Crowdfunding,
  3. Business Development Wakaf Produktif.

Bapak Aziz berharap bahwa platform wakafin ini bisa menghidupkan wakaf di Indonesia dan bisa menjadi solusi umat khususnya dalam bidang ekonomi. Dengan hadirnya wakafin Nazhir bisa saling berkolaborasi dan memaksimalkan platform digital untuk bisa mengembangkan wakaf.

platform wakafin

Kemudian acara dilanjut dengan penandatangan pengesahan launching platform wakafin yang ditandatangani oleh:

  1. Ir. Abdul Aziz Muhtadi (Selaku Direktur Wakaf Sukses)
  2. Sigit Pramono, Ph.D (Selaku Ketua Yayasan SEBI dan Rektor STEI SEBI)
  3. Dr. rer. nat. Agustino Zulys (Selaku Ketua Yayasan BIMAN)

Sebagai acara penutup, diadakan talkshow dengan ketiga nazhir yang juga berkolaborasi dalam pengembangan wakafin. Acara diisi oleh:

  1. Ir. Abdul Aziz Muhtadi (Selaku Direktur Wakaf Sukses)
  2. Aries Hermawan, SEI, ME (Selaku Direktur Eksekutif SEBI SocialFund)
  3. Dr. rer. nat. Agustino Zulys (Selaku Ketua Yayasan BIMAN)

Acara dimoderatori oleh Ucu Mujahidah selaku bagian dari SEBI SocialFund. Masing-masing nazhir menyampaikan tantangan dan harapannya terhadap pengelolaan wakaf di Indonesia.

Terakhir acara ditutup dengan doa dan harapan untuk wakaf yang lebih baik di negeri Indonesia tercinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *