Keistimewaan dan Manfaat Wakaf di Bulan Ramadhan - Wakaf Sukses

Keistimewaan dan Manfaat Wakaf di Bulan Ramadhan

Keistimewaan dan Manfaat Wakaf di Bulan Ramadhan merupakan puncak amalan yang tidak semua hamba merasakan, apalagi setelah terjadi wabah Covid-19, banyak dari saudara kita yang tidak bisa merasakan Ramadhan tahun ini 1443 H.

Sahabat wakaf, Selain zakat fitrah yang wajib dilakukan, pada bulan ramadhan dengan berwakaf tentu akan menanam investasi jangka panjang yang bisa kita rasakan baik didunia bahkan nanti diakhirat.

Tentu tidak ada batasan wakaf yang harus dikeluarkan, karena Allah tidak akan membebani kaumnya dari batas kemampuanya. Wakaf tidak melulu harus dengan memberikan tanah namun dengan uang pun juga bisa.

Harta yang sudah diwakafkan termasuk abadi. Apabila seseorang memberikan wakaf baik berupa uang atau barang seperti tanah, bangunan dan lainya maka pahala yang didapatkan juga abadi. Tidak akan terputus walaupun dengan kematian.

Nah apa saja sih keistimewaan dan keutamaan wakaf di bulan ramadhan ??

Pahala Berlipat Ganda

“ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh ) orang – orang yang menfakahkan hartanya dijalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap – tiap butir tumbuh seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang mereka kehendaki, Dan Allah Maha Kuasa (Karunia – Nya) lagi Maha Mengetahui “.  ( Qs. Al Baqarah 261 )

Dari ayat diatas jelas bisa kita pahami bahwa Allah akan memberikan ganjaran kepada siapa saja yang bersedekah atau berwakat terutama pada saat bulan ramadhan. Allah menjanjikan ganjaran naik menjadi 700 kali lipat kepada mereka yang sedekah dan mewakafkan hartanya dijalan Allah.

Manfaat Yang Terus Dirasakan

Wakaf dikenal sebagai amalan yang pahalanya tidak akan berhenti walaupun dengan mati. Manfaat dari wakaf akan tetap dirasakan oleh mauquf ‘alaih yang berhak mendapatkan.

Seperti halnya jika kita memberikan wakaf berupa masjid maka pahala akan kita dapatkan selama masjid itu digunakan, selain itu manfaat tetap bisa dirasakan oleh semua orang.

“ Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu : Sedekah jariyah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya” (HR. Muslim).

Wakaf merupakan amalan yang tidak akan habis, setiap apa yang kita berikan dengan niat sedekah, pahalanya akan tetap ada untuk kita. Bahkan kematian tidak akan menghabiskanya.

Bangun Investasi Rumah Disurga

Kata investasi tentu tidak asing lagi ditelinga kita. Bagaimana tidak hampir semua yang hidup didunia menginginkan investasi yang banyak. Salah satunya investasi untuk akhirat kelak.

Dengan berwakaf secara tidak langsung kita sudah berinvestasi untuk membangun rumah disurga nanti.

Allah memberikan harta untuk kita didunia tentu tidak sepenuhnya jatah kita. Karena ada hak orang lain didalamnya. Untuk itu berbagi, memberikan kepada yang membutuhkan adalah cara mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

Pahala Selalu Datang Meski Diam Saja

Pada bulan Ramadhan setiap apa yang kita lakukan (kebaikan) merupakan sebuah ibadah. Tidak terkecuali wakaf. Pahala wakaf terus mengalir walau kita diam saja.

Allah SWT mencintai umat Nabi Muhammad yang gemar berbagi dan mencintai sesama. Nabi Muhammad telah mencontohkan pada bulan Ramadhan beliau gemar sekali berbagi sebagai bentuk syukur dan mengharap ridho Allah SWT.

Pada bulan Ramdhan merupakan kesempatan yang banyak dinanti oleh umat muslim untuk menabung pahala sebanyak – banyaknya. Dengan menambah keimanan serta melakukan kegiatan seperti sedekah, zakat atau wakaf.

Kebaikan Tak Terhingga

Memang benar, sedekah tidak mengenal hari. Namun dengan pada bulan ramadhan Allah sedang memberikan banyak pahala yang akan di berikan kepada umatnya yang bertaqwa dan melakukan ibadahnya.

Jika di toko – toko banyak memberikan diskon, Allah memberikan diskon banyak pahala untuk siapa saja yang dikehendaki Nya.

Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada kita agar gemar memeberi, tidak mengharap imbal balik dan  melakukan dengan ikhlas karena mengharap ridho Allah SWT. Rasululah SAW terkenal dengan kedermawananya terutama saat memasuki bulan Ramadhan.

Bulan Ramdhan bulan mulia dan yang paling dinantikan oleh umat islam. Pada bulan itu semua kebaikan diberikan pahala yang berlipat. Keistimewaan pada bulan itu Al Qur’an diturunkan, terdapat malam lailatul qadar, setiap amal kebaikan dilipat gandakan, dan bulan dikabulkannya doa – doa.

Tentu dari yang sudah dijelaskan diatas banyak Keistimewaan dan Manfaat Wakaf di Bulan Ramadhan yang sudah diketahui.

Untuk itu bulan puasa nanti kita kumpulkan pahala sebanyak – banyaknya baik dengan amalan wajib, sunnah dan jangan lupa untuk selalu memberi terhadap sesama baik dengan sedekah, zakat, infak dan wakaf di wakafsukses.

 

One Reply to “Keistimewaan dan Manfaat Wakaf di Bulan Ramadhan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *