Keutamaan Berwakaf di Bulan Turunnya Al-Quran (Ramadhan) - Wakaf Sukses

Keutamaan Berwakaf di Bulan Turunnya Al-Quran (Ramadhan)

Keutamaan Berwakaf bulan Ramadhan adalah banyaknya peristiwa besar yang terjadi seperti turunnya Al-Qur’an dan hadirnya malam Lailatul Qadar. Selain itu, Allah lapangkan kesempatan kepada manusia untuk memperoleh pahala dan ampunan di bulan ini karena akan dipermudah dan dilipat gandakan.

Sahabat wakaf, Meraih pahala di bulan suci ramadhan bisa melalui amalan apa saja karena setiap amalannya terdapat keberkahan. Salah satu amalan yang paling utama yaitu berinteraksi dengan Al-Qur’an baik hanya mendengarkan, membaca, atau bahkan mewakafkannya. Berikut keutamaan Bulan Ramadhan:

1. Bulan Turunnya Al-Qur’an

Bulan Ramadhan disebut juga Syahrul Qur’an atau bulan turunnya Al-Qur’an. Tertera dalam Firman Allah:

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

untuk info seputar wakaf dapat sahabat lihat di www.wakaf.wakafsukses.or.id 

sahabat wakaf, Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Ibnu Abbas R.A (HR. Bukhari), pada setiap bulan Ramadhan juga Rasulullah SAW selalu bertadarus (berinteraksi) dengan al-Qur’an dengan Jibril AS.

Maka, di Bulan Ramadhan ini sebaiknya kita untuk memperbanyak berinteraksi dengan Al-Qur’an, dengan membacanya, memahami dan mentadabburi maknanya, menghafal dan mempelajarinya, mengamalkannya, atau mewakafkannya.

sahabat wakaf, Wakaf Al-Qur’an merupakan amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun pewakaf sudah meninggal dunia, wakaf tergolong ke dalam amal jariyah atau amalan yang tidak putus pahalanya bagi orang yang beramal mewakafkan harta bendanya di jalan Allah.

“Sesungguhnya di antara amalan dan kebaikan seorang mukmin yang akan menemuinya setelah kematiannya adalah: ilmu yang diajarkan dan disebarkannya, anak shalih yang ditinggalkannya, mushaf Al Quran yang diwariskannya…” (HR. Ibnu Majah & Baihaqi).

Kirim wakaf Al-Qur’an di bulan turunnya Al-Qur’an merupakan pilihannya tepat selain mendapat pahala dari amal jariyah yang kita kerjakan, orang-orang yang menerimanya pun akan memperoleh pahala dan ilmu yang bermanfaat terutama dalam dakwah islam.

2. Bulan Penuh Ampunan

Keutamaan bulan ramadhan lainnya adalah bulan pengampunan dosa. Oleh karena itu, momentum Bulan Ramadhan sangat ttepat untuk memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Terdapat Keberkahan

Bulan ramadhan disebut juga Syahrun Mubarak atau bulan penuh keberkahan. Saat bulan ramadhan, segala amalan akan dilipat gandakan.

Pada bulan ini juga umat Islam wajib mengeluarkan zakat fitrah yang nantinya akan disalurkan kepada yang membutuhkan dan menjadi berkah untuk mereka.

 

4. Malam Seribu Bulan

Kita pasti sering mendengar istilah malam Lailatul Qadar. Malam ini lebih baik dari 1000 bulan. Sebagaimana dalam firman Allah yang menyebutkan kemuliaan malam Lailatul Qadar:

Allah berfirman yang artinya:

 “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadr:1-3).

sahabat wakaf, mari kita optimalkan pahala kita dengan berwakaf di wakaf sukses

no. rekening : 111 0101 119 atas nama Wakaf sukses

admin : 0811 1107 266

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *