Keutamaan Masjid dalam Islam

Facebook
LinkedIn
Twitter
Telegram
WhatsApp

Setelah sebelumnya membahas tentang keutamaan bersedekah, kali ini kita akan membahas tentang keutamaan masjid, masjid tidak hanya sekedar bangunan. Masjid merupakan tempat ibadah yang digunakan oleh umat islam.

Baca Juga : Keutamaan Sedekah dalam Islam

Selain keistimewaan bangunan masjid yang digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat islam, masjid juga mempunyai beberapa keutamaan loh. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel berikut ini

  1. Bagian Negeri yang Paling Dicintai Allah

Allah menciptakan dunia seisinya beserta seluruh alam semesta, namun sebesar-besarnya bagian dari alam ini yang paling Allah cintai adalah Masjid. 

Dalam hadist disebutkan dari Abu Hurairah -radhiyallahu’anhu- Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bagian negeri yang paling Allah cintai adalah masjid-masjidnya, dan bagian negeri yang paling Allah benci adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah)

2. Masjid dilindungi Allah SWT

Tidak hanya menjadi tempat yang paling dicintai, masjid juga dilindungi oleh Allah SWT. Hal ini sudah disebutkan dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 114 yang berarti Allah berfirman, “Dan siapakah yang lebih aniaya daripada orang yang menghalang-halangi menyebut nama Allah dalam masjid-masjid-Nya dan berusaha untuk merobohkannya? Mereka itu tidak sepatutnya masuk ke dalamnya (masjid Allah), kecuali dengan rasa takut (kepada Allah). Mereka di dunia mendapat kehinaan dan di akhirat mendapat siksa yang berat.” 

3. Akan Mendapat Petunjuk Bagi Siapa Yang Memakmurkan Masjid

Memakmurkan masjid dalam hal ini yaitu orang-orang yang mengisi masjid dengan ibadah yang baik, membangun masjid agar bisa menampung jamaah lebih banyak, dan menambah fasilitas masjid agar ibadah jadi lebih nyaman. Allah berfirman, “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menuaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. at-Taubah:18)

4. Shalat di Masjid Akan Mendapat Ampunan

Dalam Hadist Riwayat Muslim disebutkan “Barang siapa berwudu untuk sholat, lalu dia menyempurnakan wudhunya, kemudian berjalan menuju shalat fardhu, lalu dia shalat bersama manusia –yakni bersama jama’ah di masjid-, niscaya Allah ampuni dosa-dosanya.”

5. Membangun Masjid Sama Dengan Membangun Rumah di Surga

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membangun masjid ikhlas karena Allah maka Allah akan membangunkan baginya yang serupa dengannya di surga.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah)

Rasul bersabda, “Barangsiapa membangun sebuah masjid karena/untuk Allah walau  seukuran sarang (kandang) burung atau lebih kecil dari itu, maka Allah akan membangunkan untuknya rumah di dalam syurga.” (HR. Ibnu Majah dan al-Baihaqi dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’ no. 6128).

Masya Allah sekali bukan keutamaan masjid bagi umat islam. Bagi sahabat wakaf yang ingin ikut membangun rumah di syurga dengan turut serta membangun masjid, bisa mewakafkan hartanya dalam program membangun rumah di syurga dengan klik link disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *