Wakaf Quran - Wakaf Sukses
wakaf quran

Wakaf Quran

Wakaf Quran – Kitab suci sekaligus pedoman umat Islam adalah salah satu penyelamat kita nanti di akhirat. Sungguh luar biasa orang-orang yang memuliakan Al-Qur’an.

Bahagia rasanya bila kita dekat dengan para ahli qur’an baik mereka yang menghafalkan Al-Qur’an, mendalami isi serta tafsirnya ataupun yang langsung mempraktikkan kandungannya.

Qur’an diturunkan di bulan Ramadhan tidak hanya untuk umat Islam saja tetapi sebagai pedoman untuk seluruh umat manusia.

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَـٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya:
“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu mendapati bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.”

(QS Al-Baqarah : 185)

Petunjuk hidup yang tentunya akan mendatangkan berbagai macam kebermanfaatan termasuk pahala jariyah bila kamu menyebarkan Qur’an salah satu caranya dengan melakukan aksi wakaf quran.

Baca Juga: Wakaf Produktif (Pengertian, Dalil, dan Contohnya)

Pengertian Wakaf Quran

Wakaf quran adalah aktivitas donasi berupa qur’an yang kebermanfaatannya bisa digunakan oleh banyak orang (kemaslahatan umum). Penyelenggaraan wakaf quran bisa langsung berupa mushaf qur’annya atau menggunakan mekanisme wakaf melalui uang.

Apa maksudnya? Jadi wakaf melalui uang adalah tindakan wakif untuk memberikan uang yang kemudian uang tersebut akan dikonversi menjadi barang yang akan diwakafkan. Dalam kasus wakaf quran artinya barang tersebut berupa mushaf al-qur’an.

Apa dalil wakaf?

Dasar Hukum Wakaf Dalam as-Sunnah termuat dalam Hadits, salah satunya:

Artinya :  Dari Abu  Hurairah r.a, bahwasannya Nabi SAW bersabda : “Apabila anak Adam (manusia)telah meninggal dunia, maka terputuslah semua amal perbuatannya kecuali tiga perkara, yaitu sadaqah jariah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakan untuknya” ( H.R Muslim).

Hadis riwayat Muslim sebagaimana baru di kutip di atas kata sadaqah jariyah selain dimaknai sadaqah juga dimaknai sebagai wakaf. 

Mengapa Wakaf Quran

Sebenarnya wakaf bisa dalam bentuk apapun selain quran. Tetapi bila kamu ingin menjadi orang-orang yang turut serta menyiarkan quran dan ingin berkontribusi dalam menggapai pahala jariyah maka kamu bisa melaksanakan aktivitas wakaf ini.

Kamu bisa menghubungi lembaga wakaf terdekat salah satunya wakaf sukses yang juga menyelenggarakan program wakaf tersebut.

Baca Juga: Wakaf (Pengertian, Dalil, Rukun dan Syaratnya)

Apakah pahala sedekah (wakaf) akan sampai kepada orangtua yang sudah meninggal?

Imam Nawawi rohimahullah berpendapat, bahwasanya bersedekah atas nama mayit ini bisa memberi manfaat kepada mayit dan pahala sedekahnya bisa sampai padanya, dan demikianlah sesuai dengan kesepakatan para ulama, dan juga ulama bersepakat atas sampainya doa.. Hal ini diperkuat dengan dalil-dalil sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah rodliyallahu anhu yang artinya: “Bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Saw: “Sesungguhnya ayahku sudah wafat, dia meninggalkan harta dan belum diwasiatkannya, apakah jika disedekahkan untuknya maka hal itu akan menghapuskan kesalahannya? Rasulullah Saw menjawab: Ya” (HR. Muslim)

Dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha, ia berkata yang artinya: Bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada baginda Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam: “Sesungguhnya ibuku wafat secara mendadak, aku kira dia punya wasiat untuk sedekah, lalu apakah ada pahala baginya jika aku bersedekah untuknya? Beliau menjawab: “Na’am (ya), sedekahlah untuknya” (Mutafaqqun ‘alaih)

Dari Sa’ad bin ‘Ubadah rodliyallahu ‘anhuma, Ia berkata yang artinya: Aku berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku wafat, apakah aku bersedekah untuknya? Beliau menjawab: Ya. Aku berkata: Sedekah apa yang paling afdhal? Beliau menjawab: mengalirkan air, jawab Rosulullah” (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah)

Penutup

Demikian penjelasan tentang wakaf quran beserta, dalil dan alasan kenapa kamu perlu melakukan aksi wakaf ini.

Simak artikel seputar edukasi dan berita tentang wakaf  lainnya di blog wakaf sukses. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *